Beras Terlarang Ini Menjadi Biji Gandum Paling Sehat Di Dunia

Dipublikasikan oleh Lusi Latifah pada

Beras hitam atau yang sering disebut sebagai ‘beras terlarang’ ini mungkin tidak sepopuler beras putih atau beras merah. Sejarah beras hitam berasal dari adat istiadat China kuno, yang mana yang boleh mengkonsumsi beras hitam harus dari kaisar dan keluarganya saja. Pada saat itu, rakyat dilarang untuk mengkonsumsi itu, sehingga muncullah julukan ‘beras terlarang’. Namun tidak perlu khawatir lagi, saat ini beras hitam sudah bebas di konsumsi oleh siapa saja. Bahkan Indonesia dan Filipina menjadi salah satu lokasi budidaya beras hitam terbesar di Asia Tenggara.

Jika kita melihat dari sejarahnya, kenapa beras hitam saat itu hanya digunakan oleh kaisar saja, ternyata karena kandungan gizi dan nutrisinya yang dinobatkan sebagai biji gandum paling sehat sedunia. Beras hitam memiliki tekstur yang lebih padat daripada beras biasanya, dari rasanya memiliki rasa seperti gurih kacang, sehingga sangat cocok jika di jadikan bubur alami, makanan penutup, kue-kue, roti, dan mie. Dan tentu saja, beras merah memiliki manfaat yang sangat banyak dan luar biasa bagi kesehatan, diantaranya:

  1. Melindungi jantung tetap sehat
  2. Mencegah dan mengelola diabetes
  3. Meningkatkan ketajaman fungsi otak
  4. Baik untuk detoks hati dan tubuh
  5. Mengendalikan tingkat kolesterol

Manfaat diatas hanya sebagian saja dari manfaat beras hitam, beras hitam yang kaya akan kandungan antioksidan, serat, mineral, zinc, fosfor, vitamin E, B1, B2, B3, dan B6, magnesium, dan tinggi akan protein. Bagi kamu yang sedang menjalani diet, beras hitam ini bisa menjadi solusi yang tepat, karena beras hitam memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat membuat perut kenyang lebih lama.

Kategori: Artikel