Mengenal Karung dan Fungsinya

Dipublikasikan oleh Lusi Latifah pada

Karung sudah bukan hal yang asing lagi bagi masyarakat, karena karung berperan penting dalam kehidupan sehari-hari. Banyak yang tidak menyadari peranan karung dalam menjaga sandang pangan kita. Dengan ukurannya yang besar, karung berfungsi sebagai tempat penyimpanan multi-fungsi. Bahkan karung tidak hanya satu macam saja, tetapi memiliki ukuran dan jenis yang berbeda-beda.

Karung memiliki ukuran yang bermacam-macam, dari mulai ukuran kecil, sedang, sampai yang besar (jumbo). Ukuran karung ditentukan sesuai kebutuhan, misalnya karung kapasitas 5kg, 10kg, 25kg, dan 50kg digunakan sebagai kantong beras. Karung kapasitas 100kg digunakan oleh industri benang. Karung kapasitas 150kg digunakan sebagai tempat sepatu. Karung kapasitas 200-500kg digunakan oleh industri textile.

Karung Transparan, karung yang tembus pandang dan lebih tipis daripada karung lainnya. Karung transparan biasanya digunakan sebagai kemasan beras. Karung Plastik Putih (Doff) yang memiliki ketebalan yang lebih tebal daripada karung transparan. Karung Plastik Putih memiliki ukuran dan kegunaan lebih banyak daripada karung transparan, seperti buat beras, pupuk, pakan ternak, textile, garment, dan lain-lain. Karung laminasi, karung yang ditambahkan teknik laminasi atau sablon dengan design yang unik dan variatif. Biasanya karung laminasi diproduksi buat toko-toko yang sudah memiliki brand.

Sebenarnya, ukuran dan jenis-jenis karung masih banyak lagi. Karung bisa menampung beban ringan maupun berat. Maka dari itu, karung yang kelihatannya hanya sebatas kemasan ternyata memiliki manfaat yang besar bagi kehidupan kita sehari-hari.

Kategori: Artikel