Sinar Mulia Plasindo Lestari

PE FOAM

PE foam berbahan baku Polyethylene yang diekspansi dengan bantuan blowing agent seperti gas Butana dengan tekanan dan suhu yang tinggi, sehingga plastik membentuk gelembung-gelembung kecil, yang kemudian dibentuk sesuai kebutuhannya.

Seperti proses pengolahan plastik lain, proses pembuatan busa ini sederhana dan sisanya dapat didaur ulang.

Plastik pada umumnya diproses dengan cara dipanaskan hingga mencair, lalu diubah bentuknya sesuai dengan kebutuhan, dan didinginkan mejadi bentuk padat.

Sesuai namanya, PE Foam atau Busa PE dibentuk dengan plastik berjenis Polyethylene (PE). Jenis ini ini tidak berasa dan tidak berbau.

Selain itu, produk akan tahan atau kedap air, minyak dan bahan kimia lainnya. Juga penghambat panas dan suara yang sangat baik, sehingga banyak digunakan sebagai insulasi rumah atau ruangan.

EPE Foam Tubular

Produk ini tersedia dengan berbagai ketebalan, dibuat sesuai dengan kebutuhan. Biasanya produk busa yang tebal didapat dari menempelkan beberapa lapisan busa atau foam yang lebih tipis dengan proses ‘bonding’.

Tekstur busa agak mirip dengan gabus, dan karena bentuknya lembaran, produk ini sangat cocok untuk membungkus barang pecah belah, sebagai pengganti styrofoam, padding pada tas dan baju, atau alat pelampung.

Di SMPL, busa yang diproduksi adalah busa dengan single atau multi layer (lapisan tunggal atau ganda) dan busa berlapis metallised film. Lembaran-lembaran yang dihasilkan digulung dengan berat tertentu, per gulungannya.

PE Foam/Busa

Fitur :

EPE Foam/Busa Sheet

Spesifikasi :

Lebar120 cm
Ketebalan2 / 3 / 4 / 5 / 6 / 8 /10 / 12 / 15 mm
Panjang per roll25 - 150 meter
BahanLDPE
WarnaPutih
Lapisan tambahanMetalised film / Aluminium foil / Printed film

Penggunaan

Alat kemasan dan transportasi
Peredam statik untuk barang ESD (Electrostatic Sensitive Devices)
Baju / alat pelampung
Padding tas, ransel, topi
Matras dan bedding
Insulasi atap, instalasi air/udara
Pembungkus / pelindung anti benturan

Keunggulan

Dapat didaur ulang
Harga ekonomis
Berbagai macam ketebalan
Bahan bantalan
Tahan air
Tahan bahan kimia
Menghindari statik
Peredam panas
Peredam suara

Apakah PE Foam Ramah Lingkungan ?

Produk ini memiliki beberapa sifat pengemasan yang paling diinginkan. Memiliki sifat yang tahan lama, serbaguna, dan memiliki kualitas penyerap goncangan yang sangat baik.

Untungnya, produk seperti ini menggunakan bahan yang dapat didaur ulang dan tindakan yang lebih layak dapat diterapkan untuk mengontrol dan mengelola kemasan PE.

Produk 100% dapat didaur ulang dan dikategorikan sebagai bahan kelas 4 pada kode RIC. Kelangsungannya sebagai produk yang dapat didaur ulang terus meningkat dari waktu ke waktu, dengan produsen yang bekerja untuk menambahkan lebih banyak keuntungan pada material tersebut.

Mesin daur ulang sekarang digunakan untuk menangani limbah dari produk secara efektif. Sebagai termoplastik, PE mencair pada titik lelehnya, dan kemudian dapat didinginkan, dicetak dengan injeksi, dan dipanaskan kembali tanpa kehilangan sifat-sifatnya. Akibatnya, mereka dapat dibuat menjadi produk fungsional lain.

Karena daya tahan dan sifat bantalan yang sangat baik, produk seperti ini adalah salah satu bahan kemasan terbaik dan dapat digunakan untuk menutup permukaan yang tidak beraturan.

Fitur ini dan fitur lainnya berkontribusi pada penggunaan kembali Polietilen karena dapat bertahan dari berbagai dampak. Dengan demikian, produk dapat digunakan kembali dengan berbagai cara hingga akhir siklus hidupnya.

Seperti termoplastik lainnya, material biasanya diperoleh dari gas alam atau minyak bumi. Namun, ada kekhawatiran seputar penggunaan sumber daya energi yang terbatas. Anehnya, memproduksi plastik menggunakan lebih sedikit energi daripada memproduksi produk kemasan non-plastik lainnya.

Sama seperti produk lainnya, SMPL mengelola limbah dan produk yang cacat produksi dari PE Foam/Busa ini dengan cara di daur ulang. Limbah dan produk cacat dilelehkan untuk dijadikan biji plastik.

Namun sedikit berbeda dari produk karung dan waring, limbah atau busa yang sudah menjadi biji plastik tersebut tidak dijadikan gulungan benang pita plastik. Melainkan langsung diolah untuk dijadikan lembaran plastik panas yang nantinya akan diisi oleh gas.

Seperti biasa, produk hasil daur ulang ini akan menjadi produk kualitas nomor dua dari yang utama produksi pertama.