Sinar Mulia Plasindo Lestari

Waring / Jaring Hitam

Waring jaring adalah jaring yang dibuat dari material High Density Polyethylene (HDPE) dengan cara dianyam menggunakan mesin anyam rata (flat loom).

Plastik HDPE dipilih karena memiliki kekuatan yang sangat baik juga tahan terhadap air. Kekerasan permukaan, kekuatan tarik, kekakuan dan kekuatan mekanis lainnya dekat dengan material plastik PP, dari ketangguhan PP.

Waring Jaring ini mayoritas memiliki warna hitam dan kuning pada ujung sisinya, jaring ini berbentuk lembaran dan umumnya dijual dalam satuan roll. Satu roll memiliki ukuran standar sepanjang 80 meter, 90 meter, dan 100 meter; serta lebar 120 cm.

Penggunaan kain berbentuk jaring ini sangat luas (general purpose), dan umumnya ada pada aktivitas pertanian, perkebunan, holtikultura, dan peternakan.

Jaring ini juga seringkali digunakan oleh para petani untuk mempermudah aktivitas penyemaian padi. Ada pula yang memanfaatkannya sebagai alas jemuran hasil panen, ikan asin, atau kerupuk.

Tujuannya agar barang yang dijemur bisa kering secara bersamaan, baik bagian atas maupun bagian bawah. Ini akan lebih menghemat waktu agar cepat kering.

 

Jaring Ikan - Monofilament Fabric Net

Sedangkan di wilayah perairan, umum digunakan untuk membuat kolam, tambak, dan keramba. Ia di pasang sebagai dinding penyekat pada tambak.

Bagi mereka yang bertani ataupun berkebun, waring ini difungsikan sebagai pagar untuk melindungi tanaman dari serangan hama. Manfaat lainnya dari produk ini ialah dapat digunakan untuk merakit mozaik stone, dan sekarang ini waring kerap dipakai oleh kontraktor bangunan, manfaat atau kegunaan dari waring ini umumnya digunakan sebagai penutup/pengaman material yang mungkin terjatuh atau terlepas dari atas gedung.

Di Jakarta sendiri, waring jaring hitam ini pernah terkenal karena dimanfaatkan sebagai penutup Kali Item. Penutupan dilakukan untuk memperindah kali yang warnanya hitam karena saat itu tengah digelar Asian Games.

Waring Jaring Illustration

Fitur :

Nama Lain :

Waring Jaring ini memiliki nama lain atau sebutan yang beragam. Beberapa menyebutnya dengan Waring Hitam dan Jaring Hitam sebab warnanya yang hitam. Dan banyak orang yang lebih memilih menyebut waring ini sesuai dengan fungsi atau penggunaannya.

Misalnya, waring yang digunakan oleh para nelayan untuk meemlihara ikan disebut dengan Jaring Ikan. Lalu pada perkebunan, waring yang digunakan pagar tanaman disebut dengan waring pagar. Adapun yang biasa digunakan untuk tambak seringkali disebut water net.

Produk ini jelas memiliki tekstur dan rupa yang berbeda dengan Waring untuk sayur dan buah, dikarenakan jenis plastik yang digunakan pun berbeda. Waring sayur dan buah terbuat dari plastik PP. Sedangkan Waring Jaring terbuat dari plastik HDPE.  Pola anyaman dari Jaring ini bertipe sama dengan Waring, perbedaan hanya pada bentuknya dimana Waring berbentuk tubular, sedangkan Waring Jaring hitam ini berbentuk flat fabric

Jaring Hitam - Black Net

Spesifikasi :

Lebar120 cm
Ketebalan Benang2 mm
Panjang per roll80m, 90m, dan 100m
BahanHDPE
WarnaHitam

Penggunaan

Menyemai benih padi
Penyekat tambak ikan
Pagar pelindung tanaman
Pagar pelindung/pemisah- pada peternakan
Penutup/pengaman – material bangunan

Pengguna

Sektor Perikanan
Sektor Pertanian
Sektor Perkebunan
Sektor Peternakan

Apakah Waring Jaring Produk Ramah Lingkungan ?

Ya ! Waring Jaring adalah produk yang ramah lingkungan. Proses produksi menghasilkan lebih sedikit polusi terhadap lingkungan dan emisi karbon yang rendah.

Bahan baku yang digunakan pun menghasilkan limbah yang sedikit sebab bahan dapat digunakan kembali.

Proses pembuatan dan penggunaan keseluruhan jaring plastik ini tidak mengeluarkan polutan berbahaya ke lingkungan. Oleh karena itu memiliki nilai yang lebih baik dalam hal keramahan lingkungan.

Di SMPL, limbah produksi benang plastik dari jaring ini didaur ulang dengan dilelehkan kembali untuk dijadikan biji plastik.

Kemudian dibuat menjadi benang kembali dan digunakan untuk menganyam waring jaring. Hasilnya dapat digunakan kembali untuk waktu yang cukup lama. Plastik jenis HDPE sendiri memang dapat didaur ulang.